4 Keuntungan Cari Rumah dengan KPR dan Persiapannya

4 Keuntungan Cari Rumah dengan KPR dan Persiapannya

Bila sedang cari rumah, Anda akan menemui kesulitan dari segi biaya. Rumah yang berada di tempat strategis mempunyai nilai yang sangat tinggi, apalagi jika rumah tersebut sudah bersertifikat dan masih baru. Alternatifnya, Anda bisa membeli rumah siap huni dari pengembang-pengembang yang berafiliasi dengan BTN, dan membayar rumah dengan sistem KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Ada banyak keuntungan membayar via KPR jika Anda sedang cari properti rumah yang siap huni bagi keluarga Anda, yaitu:

  • Siap huni

Ya, siap huni adalah keuntungan utama dari rumah-rumah yang dijual dengan sistem KPR ini. Anda bisa memboyong keluarga Anda untuk langsung tinggal di dalamnya sebelum biaya lunas.

  • Biaya yang ringan

Memang, Anda harus membayar cicilan per bulannya selama 10 hingga 20 tahun. Namun Anda mendapatkan uang muka yang ringan, dan cicilan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.

  • Legal

Anda bisa yakin bahwa rumah-rumah dari BTN punya legalitas yang bisa dijamin sehingga Anda tidak perlu takut sengketa.

  • Terbantu adanya inflasi

Harga properti terus melambung, sehingga meski Anda merasa membayar cicilan cukup besar di awal, pada akhirnya anda akan membayar lebih murah karena harga rumah sudah jauh lebih mahal.

Baca juga : Syarat pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) pada Bank

Bila Anda memutuskan KPR adalah cara terbaik, ajukan kredit tersebut kepada bank yang mengurusnya, misalnya BTN. Tidak semua permintaan dipenuhi tentunya. Anda butuh persiapan seperti:

  • Memenuhi syarat untuk KPR, seperti mempunyai dokumen yang lengkap dan memenuhi gaji minimal.
  • Pastikan Anda punya kebiasaan keuangan yang sehat, tidak ada tunggakan dan selalu membayar tepat waktu.
  • Lunasi hutang Anda yang lain sebelum membeli rumah.
  • Jangan berbohong tentang kemampuan keuangan, carilah rumah yang cocok dengan tingkat keuangan Anda.

Jika KPR Anda disetujui, bayarlah cicilan tepat waktu. Jangan rusak kepercayaan bank dengan menunggak. Bila Anda mengalami kesulitan di tengah jalan, hubungi bank untuk negosiasi. Kalau situasi Anda sekarang ini masih belum memungkinkan, ataupun Anda belum memenuhi syarat pengajuan KPR, tunda dulu proses cari rumah sampai Anda berada di posisi keuangan lebih baik.

Link yang terkait : https://www.btnproperti.co.id/

Share