• Home »
  • Tips »
  • 5 Cara Menata Dapur Kecil Menjadi Lebih Luas Dan Nyaman
5 Cara Menata Dapur Kecil Menjadi Lebih Luas Dan Nyaman

5 Cara Menata Dapur Kecil Menjadi Lebih Luas Dan Nyaman

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang sangat vital bagi keluarga dan tempat paling banyak dikunjungi oleh ibu untuk memasak makanan untuk keluarga tercinta. Memiliki dapur sempit kerap menjadi masalah saat memasak sehingga waktu memasakpun menjadi lebih lama. Sebagian besar orang yang tinggal diperkotaan memiliki ukuran dapur yang cukup kecil karena keterbatasan lahan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada cara menata dapur kecil menjadi lebih fleksibel sehingga kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menata dapur ukuran kecil menjadi dapur yang nyaman dan lebih fleksibel :

1. Pindahkan Semua Perkakas Dapur Dari Rak Ke Lemari

Rak dapur cukup menyita banyak tempat sehingga dapat mempersempit ukuran dapur. Dengan memindahkan semua perkakas yang berada di rak dapur ke lemari maka secara otomatis rak dapur juga harus disingkirkan sehingga dapur lebih luas dan semua perkakas dapur menjadi lebih rapi.

2. Sortir Perkakas Dapur

Jika kamu memiliki banyak perkakas dapur yang menumpuk maka pisahkan perkakas yang setiap hari digunakan dan perkakas yang jarang digunakan. Perkakas yang jarang digunakan sebaiknya disimpan ditempat yang aman seperti gudang, sedangkan perkakas yang setiap hari digunakan simpan didalam lemari dapur dengan rapi sehingga lebih mudah untuk menemukannya dan dapur semakin lebih luas. Satu lagi yang harus dilakukan yaitu buang atau jual perkakas dapur yang tidak dapat digunakan lagi ke tukang loak, jadi dapur semakin luas dan bersih.

3. Manfaatkan Area Sekitar Wastafel

Kamu dapat menggunakan area sekitar wastafel untuk meniriskan peralatan dapur yang telah dicuci bersih dengan sunlight sehingga air tidak tercecer kemana-mana dan dapur terlihat semakin fleksibel. Setelah benar-benar kering maka simpan semua peralatan dapur kedalam lemari.

4. Memanfaatkan Daerah Kolong Wastafel

Kolong wastafel dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan peralatan kebersihan seperti botol sunlight dan tempat sampah sehingga dapur terlihat lebih rapi dan bersih.

5. Gunakan Furniture Dapur Berwarna Putih

Untuk memberikan kesan lebih lusa dan lega maka sebaiknya gunakan furniture berwarna putih selain itu juga sebaiknya hilangkan sekat antara ruang makan dengan dapur sehingga dapur terlihat semakin luas.

Itulah 5 tips mudah untuk menata dapur kecil sehingga terlihat lebih luas dan nyaman untuk kegiatan memasak.

Share