7 Langkah Cara Mencuci Dengan Mesin Cuci

cara mencuci dengan mesin cuci secara mudah

Seiring dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat maka pekerjaan rumah tangga juga semakin ringan karena banyak sekali alat elektronik yang diciptakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga salah satunya adalah kegiatan mencuci baju. Kini telah beredar mesin cuci dengan berbagai merk dan kualitas yang bagus untuk memudahkan mencuci pakaian. Namun tidak semua orang dapat menggunakan mesin cuci dengan baik. Berikut adalah cara mencuci dengan mesin cuci yang mudah yang dapat kalian perhatikan:

Barikut Panduan Cara Mencuci Dengan Mesin Cuci Yang Bisa Anda Ikuti:

  1. Lakukan persiapan

Persiapan yang harus dilakukan sebelum menggunakan mesin cuci adalah membaca label yang menempel dipakaian. Setiap pakaian memiliki bahan kain yang berbeda dan selalu tertera dalam label bagaimana cara mencucinya yang benar agar tidak merusak serat kain. Persiapan lain yang harus dilakukan adalah memisahkan pakaian yang mudah luntur dengan pakaian lain agar tidak mengotori warna pakaian yang lain. Untuk pakaian yang memiliki kota membandel maka oleskan detergen pada bagian baju yang kotor kemudian kucek sedikit agar noda memudar sebelum dimasukkan dalam mesin cuci.

  1. Isi mesin cuci dengan air

Setelah semua persiapan dilakukan maka langkah selanjutnya adalah masukkan pakaian yang akan dicuci kedalam mesin cuci kemudian isi air sesuai dengan jumlah pakaian yang akan dicuci. Jika jumlah pakaian sekitar 20-25 potong maka sebaiknya isi mesin cuci dengan air hingga batas maksimum.

  1. Masukkan detergen

Tuang detergen dalam mesin cuci sesuai dengan takaran yang ada dalam petunjuk penggunaan. Pilihlah detergen khusus untuk mesin cuci agar hasil cucian lebih bersih dan tidak merusak serat kain.

  1. Menyalakan mesin cuci

Langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin cuci dengan kekuatan maksimum agar hasil cucian lebih maksimal, tetapi ada beberapa jenis kain yang tidak membutuhkan kekuatan maksimum untuk mencucinya.

  1. Buang air dalam mesin cuci

Setelah putaran mesin cuci berhenti maka segera buang air dalam mesin cuci dengan membuka saluran pembuangannya.

  1. Isi air kembali

Untuk pembilasan maka isi air kembali dan tambahkan Molto sekali bilas kedalamnya kemudian putar kembali mesin selama 10 menit.

  1. Pengering

Langkah selanjutnya angkat pakaian kemudian pindahkan dalam pengering dan keringkan selama 5 menit. Selanjutnya jemur pakaian ditempat sejuk dan kering agar tidak merusak warna pakaian.

Itulah langkah-langkah mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang dijadikan pentunjuk saat mencuci pakaian.

Share