4 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini | Parentingclub

4 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini | Parentingclub

Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Pada masa anak usia dini mengalami masa keemasan yang merupakan masa ketika anak mulai peka atau sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa kepekaan pada anak-anak memiliki perbedaan. Seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa kepekaan merupakan masa terjadinya kematangan serta fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stumulasi yang diberikan dari linkgungan oleh dirinya. Masa ini merupakan masa peletakan dasar yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, agama, moral dan emosional.

Dari aspek perkembangan anak usia dini tersebut dapat dijabarkan di bawah ini:

  1.   Aspek perkembangan Kognitif

Aspek dari perkembangan ini, pada teori piaget adalah tahap sensorimotor usia 0 hingga 2 tahun. Pada masa ini kemampuan anak sangat terbatas pada gerak refleks, bahasa awal, waktu sekarang dan runag yang dekat saja.

  1.   Aspek Perkembangan Fisik/Motorik

Perkembangan ini merupakan perkembangan pengendalian gerakan jasmniah melalui pergerakan syaraf, urat syaraf serta otot yang terkoordinasi. Keterampilan motorik anak terdiri dari keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus.

  1.   Aspek Perkembangan Bahasa

Pada aspek perkembangan bahasa, anak dapat mencerna bahasa disekitarnya pada umur 2 tahun. Anak-anak usia ini dapat memproduksi rata-rata 228 ucapan yang dapat dimengerti setiap jam. Belajar dan menulis adalah bagian dari belajar bahasa.

  1.   Aspek perkembangan Emosional

Aspek perkembangan emosional dari anak usia dini atau pra sekolah memiliki cakupan emosional yang peka. Seperti pada anak usia 4-5 tahun, mereka akan rentan selalu meniru apa yang mereka lihat, khususnya orang tua harus memberikan pemahaman serta bimbingan bagi anak usia seperti ini. Anak dengan usia seperti ini, terkadang memiliki rasa emosional yang tinggi dan merasakan keingin tahuan yang tinggi. Untuk itu, peran orang tua untuk membimbing anak, di usia rentan ini sangat harus berhati-hati.

Baca disini 4 aspek perkembangan anak usia dini ini, dapat anda simpulkan sendiri bahwasannya perkembangan anak harus selalu dimonitori dari umur o hingga mencapai dewasa.

Share