Cara Hebat Siasati Bunga KPR Bank Yang Selalu Naik

Cara Hebat Siasati Bunga KPR Bank Yang Selalu Naik

Banyak orang yang telah meminjam dana KPR merasa keberatan ketika mengetahui bunga KPR di bank yang selalu naik, apalagi dengan kondisi ekonomi negara yang tidak menentu seperti sekarang ini membuat peluang kenaikan bunga pinjaman KPR sewaktu waktu dapat saja naik.

Bagi peminjam dengan kemampuan ekonomi mapan sebenarnya tidak terlalu terpengaruh dengan kenaikan bunga pinjaman bank, namun bagi sebagian kalangan terutama yang hidupnya tergantung dari gaji seperti pegawai, tentu saja hal tersebut secara langsung akan mempengaruhi anggaran belanja rumah tangga yang sebelumnya sudah pas pasan.

Hal tersebut sering terjadi kepada seseorang yang menggunakan KPR secara konvensional dimana bunga akan mengembang/ floating mengikuti kondisi terkini suku bunga. Untuk itulah ada sebuah solusi yang dapat dijadikan pilihan ketika hendak mengajukan KPR di Bank BTN dengan memilih jenis KPR Syariah dengan berbagai keuntungan jangka panjang.

Kelebihan KPR Syariah Bank BTN

KPR Syariah menggunakan skema biaya cicilan tetap hingga masa tenor pinjaman selesai, dengan demikian peminjam akan merasa aman karena telah mengetahui secara pasti jumlah dana rutin yang akan mereka bayar setiap bulannya. Berbeda dengan sistem KPR konvensional yang mana besaran bunga akan mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia yang pastinya akan selalu berubah ubah.

Memang jumlah cicilan/ angsuran yang dibebankan kepada pengguna KPR Syariah sedikit lebih besar daripada jenis konvensional namun kelebihannya akan segera dirasakan setelah beberapa tahun karena bukan tidak mungkin bagi BI untuk terus menaikkan suku bunga acuan mengingat kondisi ekonomi tidak stabil dan inflasi tinggi yang terjadi setiap tahun.

Tidak ada yang tahu bagaimana perkembangan bunga KPR untuk jangka panjangnya seperti apa, jadi untuk memilih antara jenis KPR kovensional dengan KPR syariah kembali lagi kepada individu masing masing. Bagi seseorang yang lebih menyukai kepastian dan tidak ingin terganggu oleh naik turun bunga maka sebaiknya menggunakan sistem syariah.

Namun bagi mereka yang akan mengajukan pinjaman kredit dengan tenor pendek maka sebaiknya memilih jenis KPR konvensional yang mana Bunga KPR Bank nya relatif lebih kecil daripada jenis syariah. Demikianlah penjelasan singkat mengenai kelebihan Kredit Kepemilikan Rumah melalui Bank BTN, semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

Share