• Home »
  • Tips »
  • Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Benar Dan Steril
Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Benar Dan Steril

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Benar Dan Steril

Secara umum bayi baru lahir direkomendasikan hanya mendapatkan asupan ASI eksklusif dari ibu, hanya saja pada beberapa kondisi dimana produksi ASI yang berkurang sehingga tidak mencukupi kebutuhan bayi maka asupan susu formula menggunakan botol susu menjadi pilihan terbaik. Terlihat sepele, namun botol susu memegang peranan cukup penting terhadap kesehatan bayi.

Bersih kotornya botol susu secara langsung akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi, cara membersikan botol susu dengan benar dan steril perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada kuman bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh bayi, terlebih sistem imun bayi belum berkembang sempurna sehingga sangat rentan mengalami berbagai keluhan seperti mencret, perut kembung dan kondisi gangguan kesehatan lainnya.

Mencuci botol bayi berbeda dengan perabotan rumah tangga lainnya, jadi harus benar benar perhatikan. Dibawah ini akan dijelaskan berbagai tips dan cara membersihkan botol susu dengan benar dan steril bebas dari berbagai kuman bakteri.

Bagaimana Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Benar Dan Steril?

Hal pertama yang harus dipastikan saat mencuci botol susu bayi yaitu menggunakan sabun cair Sunlight yang mengandung bahan aktif dimana mampu membersihkan dengan sempurna setiap kuman dan kerak susu yang masih menempel pada permukaan dalam botol susu. Selanjutnya lepaskan semua bagian dari botol susu untuk memastikan tidak ada bagian yang kotor, misalnya pisahkan bagian karet dot susu dengan penutup botol karena disela sela kedua bagian tersebut sering tertinggal kerak susu yang berpotensi menjadi sarang kuman.

Gunakan spon khusus pencuci botol susu yang mampu menjangkau semua bagian dalam botol dengan sempurna. Cuci semua bagian bagian botol susu hingga bersih sempurna, lalu proses terakhir tinggal membilas semua bagian tersebut menggunakan air hingga bersih dan tidak ditemukan noda ataupun bau susu lagi. Jangan lupa sebelum digunakan, bilas bagian dalam botol menggunakan air panas untuk memastikan sterilisasi dari botol susu bayi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membersihkan botol susu dengan benar dan steril bebas dari kuman penyakit. Semoga informasi yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan kita bisa mempraktek-kan dalam kehidupan, terima kasih.

Sumber Terkait : Botol Bayi Bersih Dan Terlindungi

Share