Cara Menggunakan Kalkulator KPR BTN Secara Jitu

Cara Menggunakan Kalkulator KPR BTN Secara Jitu

Bagaimana caranya menghitung suku bunga flat saat Anda mengambil angsuran? Lantas apa saja yang menjadi bahan pertimbangannya? Tentu saja untuk hal-hal semacam ini memang tidak jarang akan mengganggu Anda di saat sudah mengambil KPR atau Kredit Pemilikan Rumah demi untuk bisa memiliki sebuah rumah yang sudah sangat Anda idam-idamkan selama ini. Salah satunya dapat Anda siasati dengan cara menggunakan kalkulator KPR BTN.

Baca Juga: Keunggulan Suku Bunga KPR di Bank BTN

Anda harus bersedia untuk mengerti bahwa ada beberapa hal yang sangat penting atau komponen yang perlu Anda perhatikan di saat membayar angsuran. Contohnya saja seperti besaran suku bunga flat yang sudah tentu akan semakin mempermudah Anda untuk mengatur keuangan. Dimana suku bunga flat ini sendiri sebenarnya dapat Anda perhitungkan dengan menggunakan bantuan kalkulator KPR BTN. Pihak BTN sendiri sengaja menyediakan fasilitas kalkulator ini bagi nasabahnya untuk dapat mengetahui simulasi angsuran KPR-nya secara lebih mudah.

Faktor yang Mempengaruhi dalam Pengambilan KPR

Jika melihat melalui simulasi KPR yang sudah diterapkan oleh bank BTN, akan terlihat ada dua faktor komponen yaitu bunga dan angsuran pokok. Dimana untuk jumlah dari kedua komponen tersebut di dalam angsuran dihitung secara bersamaan dengan suku bunga tahunan ataupun jangka waktu. Jadi, simulasi tersebut akan memberikan suatu gambaran mengenai jumlah angsuran yang seharusnya Anda bayarkan pada pelunasan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Namun penting bagi Anda untuk memperhatikan juga tips memakai kalkulator KPR BTN.

Lantas apakah Anda sendiri sudah mengetahui bagaimana caranya melihat suku bunga flat angsuran KPR yang seharusnya Anda bayarkan? Secara lebih lengkap mengenai perhitungan untuk suku bunga flat dengan cara menggunakan kalkulator KPR BTN dapat Anda simak dibawah ini?

  1. Angsuran pokok=jumlah pinjaman dibagi dengan jumlah tempo peminjam (biasanya tempo dihitung dalam bentuk bulan).
  2. Bunga=jumlah pinjaman yang dikalikan suku bunga angsuran, kemudian dibagi dengan satu tahun atau 12 bulan (PinjamanXsuku bunga/12).
  3. Total angsuran=angsuran pokok yang ditambah dengan suku bunga (angsuran pokok+bunga).
Share