Cara Simulasi Pembelian Properti melalui KPR

Cara Simulasi Pembelian Properti melalui KPR

KPR adalah sebuah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah yang berarti sebuah kredit yang digunakan untuk membeli rumah ataupun dapat   digunakan pula untuk kebutuhan konsumtif yang lain dengan jaminan berupa rumah. Sekilas KPR hampir mirip dengan KKR yaitu Kredit Kontruksi dan Renovasi tetapi sejatinya kedua hal tersebut berbeda satu sama lainnya. Untuk menghitung biaya KPR dan cicilannya terdapat simulasi pembelian properti melalui kpr.

Baca Juga Artikel yang Terkait dengan KPR Lainnya:

Berikut adalah caranya.

  1. Pembayaran awal

dp rumah

Sumber gambar : https://www.futuready.com

Setelah bank telah menyetujui pinjaman KPR anda, maka anda harus menyiapkan uang tanda jadi atau uang muka, biaya notaris, provisi, pajak pembeli, PNBP atau Penerimaan Negara Bukan Pajak, BBN atau biaya balik nama dan cicilan pada bulan pertama.

  1. Menghitung uang DP (Down Payment) atau uang muka

menghitung dp kpr rumah

Sumber gambar : jateng.tribunnews.com

Uang muka disini merupakan uang yang diserahkan kepada pengembang property yang biasanya adalah 30% dari harga rumah yang akan anda cicil. Karena uang muka tersebut anda tanggung sendiri, maka nantinya pinjaman KPR yang diberikan bank adalah harga rumah dikurangi uang muka atau bisa dikenal dengan pokok kredit.

  1. Menghitung biaya provisi

menghitung biaya provisi

Sumber gambar : www.kitaproperty.com

Biaya ini merupakan biaya administrasi yang dikenakan atas pinjaman yang diberikan oleh bank untuk anda, yaitu 1% dari pokok kredit anda.

  1. Menghitung BPHTB atau pajak pembeli

surat setoran BPHTB

Sumber gambar : slideplayer.info

Pajak ini akan dikenakan 5% dari pengurangan harga rumah dengan Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak yang memiliki nilai yang selalu berubah seiring berjalannya waktu.

  1. Mengitung PNBP

menghitung PNBP

Sumber gambar : slideplayer.info

Anda akan dikenakan PNBP dari 1/1000 yang dikalikan dengan harga rumah dan ditambah dengan uang Rp. 50.000. Uang tersebut sendiri nilainya akan selalu berubah tergantung kebijakan pemerintah.

  1. Menghitung BBN atau Biaya Balik Nama

menghitung biaya balik nama rumah

Sumber gambar : bekas.com

Biaya ini dikenakan dari 1% dari harga rumah ditambah Rp. 500.000, nilai uang tersebut akan selalu berubah tergantung kebijakan pemerintah.

  1. Menghitung Cicilan KPR beserta bunga tetap

menghitung biaya cicilan kpr

Sumber gambar : hunianbaru.com

Jika bunga bersifat tetap maka cicilan per bulan akan dirumuskan dengan penjumlahan pokok kredit dan total bunga dibagi tenor dalam satu bulan. Total bunga diperoleh dari pokok kredit dikalilkan bunga per tahun kemudian dikalikan lagi dengan tenor dalam satuan tahun. Tenor adalah jangka waktu pinjaman KPR.

  1. Menghitung Cicilan KPR beserta bunga efektif

menghitung cicilan kpr beserta bunga

Sumber gambar : komunitas.sikatabis.com

Jika bunga bersifat efektif maka cicilan dapat dirumuskan dengan saldo akhir periode dikalikan dengan hasil pembagian bunga selama 12 bulan.

Tetapi sekarang ini banyak sekali simulasi pembelian properti melalui kpr yang cukup, seperti yang dibuat oleh Bank BTN. Selain itu juga, jika anda mengajukan KPR di Bank BTN maka proses akan berlangsung lebih cepat dan tentunya tepat.

Share