Faktor Penyebab Tolak Reklamasi di Teluk Benoa

Faktor Penyebab Tolak Reklamasi di Teluk Benoa

Beberapa tahun terakhir, Indonesia disibukkan dengan salah satu proyek reklamasi di Teluk Benoa yang ada di Bali Selatan. Banyak yang tolak reklamasi karena dinilai merugikan Bali. Penolakan terhadap reklamasi tersebut semakin kuat setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur No. 2138/02-C/HK/2012 dan Perpress No.51 th 2014mengenai reklamasi dan diberikan kepada PT TWBI. Banyak warga bahkan elemen masyarakat yang menolak reklamasi seperti Gerakan Masyarakat Pemuda Bali.

Penolakan reklamasi dilakukan bukan tanpa sebab. Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan orang menolak adanya reklamasi termasuk di Teluk Benoa. Pertama adalah karena reklamasi dapat merusak lingkungan alam yang berada di sekitar Teluk Benoa. Berdasarkan pada pengalaman reklamasi yang ada di pulau Serangan, reklamasi memiliki dampak negatif diantaranya yaitu:

• Nelayan menjadi sulit memperoleh ikan sehingga pendapatan menurun.
• Hutan mangrove yang menjadi perbatasan pantai menjadi rusak.
• Perubahan ekosistem mulai dari sedimentasi pantai, pola arus, kerusakan biota laut serta abrasi.
• Berpotensi untuk merusak ekosistem alam seperti terumbu karang.

Faktor kedua adalah ketakutan dari masyarakat akan tanah Bali yang nantinya dikuasai oleh para investor asing. Investasi dari luar mudah masuk di Bali sehingga ditakutkan adanya krisis alih fungsi lahan, krisis air yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kesejahteraan rakyat Bali dengan para investor. Hal tersebut tentunya sangat merugikan terutama bagi warga yang kurang mampu dan keuntungan dari reklamasi dirasa hanya dapat dirasakan oleh para investor.

Ketiga adalah permainan politik. Tidak dapat dipungkiri jika masyarakat yang melakukan aksi tolak reklamasi menduga ada permainan politik diantara pemerintah daerah serta investor. Pemerintah dianggap memberikan izin reklamasi kepada pihak swasta padahal kajian belum final. Padahal, untuk reklamasi dibutuhkan kajian mengenai lingkungan, sosial budaya di masyarakat serta peningkatan atau perubahan ekonomi yang akan terjadi jika reklamasi dilakukan. Di Ruang Reklamasi, Anda dapat mengetahui informasi mengenai reklamasi yang terjadi di Indonesia termasuk yang terjadi di Benoa, Bali. Dari informasi tersebut, Anda dapat memutuskan untuk menolak atau mendukung proyek reklamasi tanpa pengaruh dari orang lain misalnya dari teman Anda!

Share