Ini Dia Persyaratan Mendapatkan Rumah Bersubsidi

Ini Dia Persyaratan Mendapatkan Rumah Bersubsidi

Tahun yang lalu memang Presiden Jokowi menyediakan sejumlah dana yang berikan untuk subsidi pembiayaan rumah hingga 5 trilyun. Rumah subsidi ini memang disasarkan untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Perumnas pun juga ikut serta membangun berbagai macam rumah di setiap daerah dan disasarkan untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Mungkin, Anda juga ingin mencoba membeli rumah ini, namun belum mengetahui persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

Berikut persyaratan yang harus Anda ikuti jika Anda ingin membeli hunian subsidi, antara lain :

  • WNI yang tinggal dan menetap di Indonesia,
  • Memiliki usia lebih dari 21 tahun atau sudah menikah,
  • Pemohon atau pun pasangan belum pernah mempunyai rumah dan belum pernah menerima subsidi yang berasal dari pemerintah,
  • Penghasilan pokok kurang dari 4 juta setiap bulannya,
  • Mempunyai masa kerja minimal 1 tahun lamanya,
  • Mempunyai NPWP, SPT sesuai dengan undang-undang.

Dokumen apa saja yang harus dipenuhi? Berikut dokumen yang harus dipenuhi jika Anda merupakan karyawan yang memiliki gaji yang tetap, seperti mengisi form aplikasi kredit dengan lengkap sesuai dengan data diri. Melengkapi form dengan pas foto Anda beserta pasangan, fotocopy kartu keluarga, fotocopy NPWP, slip gaji yang terakhir atau surat keterangan kerja, fotocopy rekening selama 3 bulan terakhir, surat pernyataan belum mempunyai rumah dari Anda sebagai pemohon dan juga pasangan, dan yang terakhir ialah surat pernyataan belum pernah menerima subsidi yang berasal dari pemerintah. Surat pernyataan ini juga Anda buat bersama dengan pasangan.

Mungkin, bagi Anda wiraswasta sempat takut jika tidak dapat mengajukan permohonan rumah subsidi ini. Anda juga dapat mengajukan permohonan rumah subsidi dengan menyerahkan berbagai macam dokumen dan persyaratan. Untuk persyaratan hampir sama dengan karyawan, perbedaannya Anda harus membuat laporan keuangan selama 3 bulan terakhir dan mencantumkan SIUP dan juga TDP. Bila Anda ingin mendapatkan informasi mengenai rumah bersubsidi ini, Anda dapat segera menghubungi Perumnas yang berada di daerah Anda. Perumnas akan membimbing Anda untuk mencari hunian bersubsidi yang Anda inginkan.

Share