Kriteria Pembelian Rumah Di Jual Hasil Lelang Bank

Kriteria Pembelian Rumah Di Jual Hasil Lelang Bank

Apa banyak sih rumah di jual oleh pihak Bank secara lelang? Sobat perlu tahu, sekarang ini banyak rumah yang telah dijual oleh pihak Bank secara lelang. Dikarenakan pemilik rumah-rumah tersebut pada umumnya tak sanggup bayar cicilan atau angsuran KPR. Sehingga dengan terpaksa pihak Bank harus melelang rumah-rumah yang angusurannya macet. Nah, ini kesempatan bagi kalian yang ingin punya rumah dengan harga miring. Dikatakan demikian karena umumnya rumah lelangan itu harganya murah dan lebih untungnya lagi property masih ternilai bagus. Namun diluar banyaknya keuntungan beli rumah dari lelangan itu juga punya risiko tinggi yang harus dihadapi oleh calon pembeli rumah hasil lelang Bank.

Baca Juga:

Sumber gambar : rumahdijual.org

Sumber gambar : rumahdijual.org

Salah satunya ialah pemilik rumah hasil lelang Bank tidak ingin memberikan sertifikat rumahnya kepada pembeli rumah lelang Bank BTN. Nah untuk mengantisipasi hal semacam ini, sobat sebelum beli rumah di jual dari hasil lelang Bank harus memahami beberapa hal berikut ini :

  1. Pelajarilah Perjanjiaan Penyerahan Sertifikat Rumah

Apakah isi perjanjiaan penyerahan sertifikat rumah tersebut sudah sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku ataukah belum? Jika ternyata sudah terdapat ikatan perjanjian yang ternilai jelas antara pemilik rumah dan pihak Bank, dijamin ke depannya tidak menimbulkan beragam permasalahan rumit.

  1. Kondisi Fisiknya Bangunan Rumah Juga Harus Di Teliti

Kebanyakan rumah lelangan Bank, kondisi fisik bangunannya juga masih layak untuk dihuni. Tetapi banyak juga rumah lelangan Bank BTN yang hancur karena tidak terawatnya rumah tersebut. Nah, apabila kondisi fisiknya bangunan rumah seperti itu maka kembali pada benak diri sobat. Apa sobat ingin beli rumah itu untuk dihuni sendiri ataukah untuk sekedar investasi? Jika ingin dihuni sendiri maka pilihlah rumah lelangan Bank yang kondisi fisiknya masih layak dihuni.

  1. Tanyalah Pada Pihak Bank BTN Tentang Seluk-Beluknya Rumah yang dilelang

Poin ini bisa dikatakan poin yang penting sebab membeli rumah tak sekedar beli kacang rebus. Paling tidak bila sobat ingin ikuti lelang rumah harus setor uang tunai sekitar 20 hingga 50% dari total harga rumah yang dilelang tersebut. Untuk itu, sangat penting bagi sobat sebelum beli rumah lelang memahami seluk beluknya rumah yang dilelang. Bisa-bisa uang sobat untuk beli rumah lelang melayang sebab pemiik rumah tak ingin meninggalkan rumahnya.

Share