Menilik Sistem Kerja Mesin Cuci Piring

Menilik Sistem Kerja Mesin Cuci Piring

Mungkin bagi sebagian besar orang yang ada di Indonesia masih merasa awam dengan mesin cuci yang satu ini. mesin yang banyak digunakan untuk membersihkan berbagai perabotan dapur ini, di Indonesia memang belum umum digunakan dalam rumah tangga. Mesin cuci piring pada umumnya masih digunakan untuk berbagai keperluan usaha seperti di restoran, rumah makan atau usaha catering lainnya. Fungsinya yang dapat mengerjakan pencucian piring dengan kuantitas banyak serta kualitas yang bersih, menjadikan mesin ini sangat membantu para pelaku usaha di bidang kuliner.

Bentuk dari mesin cuci ini memiliki kemiripan dengan bentuk mesin cuci pakaian satu tabung pada umumnya. Yang membedakan mesin pencuci pakaian dengan pencuci piring adalah air yang digunakan dalam mesin, jika air dalam pencuci pakaian menggunakan air bersuhu normal, maka mesin pencuci untuk piring, harus menggunakan air bersuhu 55-65 derajat Celsius untuk mensterilkan piring-piring yang kotor. Untuk penggunaan bahan deterjen ataupun sabun kedua mesin ini tetap menggunakan bahan-bahan sabun sebagai pembersih dalam sistem kerja mereka.

Sistem kerja mesin untuk cuci piring ini pada dasarnya adalah menyemprotkan air panas yang disertai dengan sabun atau detergen untuk menghilangkan kotoran serta noda yang menempel pada piring, sehingga kotoran dan noda tersebut dapat hilang terbawa arus. Berikut ini beberapa tahap kerja dari mesin pencuci ini, yang antara lain adalah :

  • Memasukkan piring atau peralatan dapur lainnya ke dalam mesin cuci.
  • Memasukkan air dari kran menuju mesin cuci, air ini nantinya akan diubah menjadi panas oleh elemen pemanas yang terdapat pada mesin cuci.
  • Air yang telah panas tersebut nantinya akan bercampur dengan sabun cuci piring untuk di semprotkan berulang-ulang ke piring hingga piring menjadi bersih.

Untuk menjaga keawetan dari mesin cuci piring, ada baiknya Anda menggunakan sabun khusus cuci piring yang memang handal dan terpercaya. Salah satu sabun cuci andalan ibu rumah tangga di Indonesia adalah sunlight, sabun cuci yang memang khusus diperuntukkan untuk membersihkan berbagai perabotan dapur. Selain dapat membersihkan secara optimal, sabun ini juga memberikan aroma sedap yang khas, sehingga dapat membuat hasil cucian menjadi lebih optimal.

Share