Pro Kontra Reklamasi Teluk Benoa, Kenali Dulu Manfaat dan Ruginya!

Pro Kontra Reklamasi Teluk Benoa, Kenali Dulu Manfaat dan Ruginya!

Bagi Anda yang berpikiran untuk membeli atau membuat rumah dalam beberapa tahun ke depan, nampaknya harus benar-benar memperhitungkan dana yang dimiliki, mengingat pada kenyataannya semakin lama tanah yang ada di Indonesia dihargai dengan biaya yang sangat mahal, hal ini akan berlaku terus ke depannya, tak heran jika beberapa investor lebih memilih tanah sebagai salah satu instrumen investasi mereka, karena memang anti akan kerugian. Hal inilah yang memicu pemerintah mengambil kebijakan untuk lakukan reklamasi. Salah satunya adalah yang terjadi pada reklamasi teluk benoa.

Baca juga: Pemberhentian proyek reklamasi Jakarta

Siapa yang tak kenal dengan Bali, bahkan Anda yang berasal dari luar negeri mungkin sudah tak asing dengan nama yang satu ini, mengingat keindahan pantainya sangat tersohor hingga ke berbagai penjuru dunia. Hal inilah yang membuatnya masuk dalam salah satu destinasi wisata yang paling ingin dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Kawasan yang satu ini memang memiliki potensi wisata yang sangat besar mengingat keindahan alam dan budaya yang begitu mendukung, hanya saja beberapa diantaranya termasuk dalam lahan yang tak produktif, artinya kurang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan apapun.

Hal tersebutlah yang memicu keinginan pemerintah untuk melakukan perbaikan teluk benoa atau yang lebih dikenal sebagai istilah reklamasi ini. Dari beberapa aspek kegiatan ini memang dapat memicu nilai positif atau manfaat, namun juga tak memungkiri bahwa dam[pak negatif yang ditimbulkan khususnya pasca reklamasi dilangsungkan juga sangat banyak. Sebelumnya wajib bagi Anda untuk mengetahui keuntungan dan juga kerugian terhadap adanya kebijakan tersebut, berikut ini diantaranya yaitu:

Keuntungan:

1. Dengan adanya reklamasi sebenarnya masyarakat atau sebuah negara dapat sangat dibantu, karena memang kondisi perluasan lahan ini dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan wisata bahari dan juga lahan baru untuk kepentingan industri, tentunya berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya juga dalam jangka waktu kedepannya.
2. Wilayah yang semakin luas memungkinkan harga tanah atau lahan juga kian turun, cocok bagi yang membutuhkan kawasan untuk pembuatan rumah

Kerugian:

1. Ekosistem dari hewan dan juga flora yang hidup di kawasan tereklamasi juga akan berubah, dalam jangka waktu pendek tentunya masalah belum terlalu dirasakan oleh masyarakat, namun nantinya setelah puluhan tahun ke depan dampak nyatanya akan jelas terasa.
2. Sistem drainase tentunya akan berubah, pada dasarnya reklamasi khususnya yang akan dilakukan pada kawasan pantai ini adalah dengan mengeringkan air laut, khususnya jumlah yang tak terlalu tinggi agar nantinya kawasan daratan bisa tampak sedikit lebih luas untuk kebutuhan masyarakat. Hal ini tentunya menyebabkan wilayah yang sudah kering tersebut akan kesulitan dalam hal pengairan.
3. Tentunya berdampak pada kepunahan biota laut dan juga keanekaragaman hayati, umumnya beberapa jenis tumbuhan yang hidup di kawasan pantai adalah mangrove, selain berguna sebagai tanaman untuk mencegah terjadinya abrasi nyatanya mangrove ini juga berguna sebagai tempat tinggal atau rumah ikan-ikan kecil, dalam kondisi reklamasi tentunya ia akan dibabat secara habis, akibatnya adalah ikan kecil yang seharusnya bermukim disana akan hilang bahkan punah.
4. Potensi besar terjadinya bencana alam tahunan, salah satu contohnya adalah banjir air rob atau air laut pada saat musim pasang tertinggi.

Sebagai warna negara yang baik sudah seharusnya kita tidak menentang namun juga menolak terlebih dahulu, kenali dulu dampak positif dan negatif dari reklamasi teluk benoa tersebut.

Share