Solusi Pembelian Properti dengan Kredit Rumah KPR

Solusi Pembelian Properti dengan Kredit Rumah KPR

Membeli properti dengan bantuan kredit rumah KPR dapat menjadi cara untuk memiliki hunian atau rumah impian dengan dana yang terjangkau serta waktu cukup cepat, akan tetapi jika anda kurang mengetahui perhitungan tentu saja akan menimbulkan adanya beban di kemudian hari. Pasalnya di dalam sistem pembelian rumah menggunakan KPR anda juga perlu mempertimbangkan sejumlah hal penting seperti pertimbangan memilih lokasi rumah, menentukan harga rumah dan lain sebagainya.

Apa keuntungan membeli rumah melalui KPR?

Saat ini anda memang mungkin sedang mengangsur kredit dengan KPR seharga 300 ribu per bulan. Nantinya setelah paling tidak selama 8 tahun rumah tersebut sudah menjadi milik anda sendiri. Akan tetapi meskipun anda sendiri sebenarnya tidak sanggup membayar angsuran. Bayangkan saja besar angsuran tersebut jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan kost atau mengontrak rumah dengan nilai yang sama. Ketika mengontrak anda tidak akan memiliki rumah yang anda kontrak, sementara KPR setelah selesai angsuran rumah akan menjadi milik anda pribadi.

Bagaimana jika sudah memiliki uang yang banyak untuk membeli rumah?

Untuk zaman seperti sekarang ini, mencari pinjaman uang tunai kepada lembaga keuangan atau pun bank cukup sulit. Maka dari itu memang akan lebih baik untuk menggunakan uang yang saat ini anda miliki sebagai modal usaha. Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan dengan cara membuka lapangan kerja, sedangkan hasilnya dapat anda sisihkan untuk membayar angsuran kredit rumah KPR.

Cara Memilih Model Properti Kredit Rumah KPR

Properti dari kredit rumah KPR memang rata-rata memiliki konstruksi yang standar dengan kualitas serta model desain yang memang belum tentu sesuai dengan harapan anda. Jadi umumnya rumah yang disediakan lebih berfokus untuk menentukan pilihan lokasi tanah yang baik. Sementara untuk masalah model hunian anda dapat melakukan renovasi di kemudian hari jika memang model rumah yang anda dapatkan belum sesuai dengan harapan.

Tentukan lokasi rumah yang tepat

Usahakan untuk memilih lokasi hunian dari kredit rumah dengan KPR yang dekat dengan lokasi kerja atau pun usaha anda. Selain itu, penting bagi anda untuk memperhatikan akses menuju tempat kerja maupun usaha benar-benar bagus. Dengan jalan yang melewati alam maupun pemandangan tentu akan menyegarkan fikiran anda yang penat karena pekerjaan. Pastikan juga bahwa hunian berada dekat dengan fasilitas publik seperti sekolah, tempat ibadah, rumah sakit dan lain sebagainya.

Desain rumah KPR

Arah hadap dari rumah juga sangat menentukan pilihan. Arah hadap rumah ke arah timur tentunya akan memberikan sinar matahari yang cukup sejuk pada bagian teras dipagi hari. Sementara rumah yang menghadap arah barat memungkinkan anda untuk melihat matahari terbenam ketika sore hari, akan tetapi siang harinya anda mungkin saja kepanasan. Namun hal semacam ini dapat anda siasati dengan memilih kredit rumah KPR yang menambahkan beberapa pohon di sekitar hunian.

Simak Tips Berikut agar Pengajuan Kredit Rumah KPR anda Diterima

Mengangsur KPR selama 10 atau bahkan 15 tahun memang bukan waktu yang sebentar. Maka dari itu anda membutuhkan adanya kedisiplinan dalam membayarkan angsuran KPR. Jangan sampai pada bulan-bulan tertentu angsuran rumah anda menunggak, terlebih lagi hingga rumah disita bank. Hal semacam ini tentunya akan memberikan kerugian besar pada anda. Namun bukan hanya itu saja hal yang perlu anda perhatikan, karena anda juga perlu memperhatikan pengajuan kredit rumah KPR.

Agar pengajuan kredit rumah dengan KPR anda dapat diterima, maka anda juga harus mampu untuk memenuhi syarat-syarat KPR seperti:

  1. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KPR.
  2. Usahakan untuk memiliki laporan keuangan yang benar-benar baik, yaitu dengan mendapat pemasukan secara rutin pada saldo tabungan anda.
  3. Siapkan mental yang kuat ketika menghadapi wawancara dari pihak bank.

Selain itu, agar anda tidak kecewa ketika mengajukan kredit rumah KPR setelah melihat kualitas dari bangunan rumah yang anda terima sebaiknya anda melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Pahami hal-hal yang berhubungan erat dengan konstruksi bangunan seperti campuran pasir dan juga semen, besar besi yang digunakan, tinggi pondasi dan lain sebagainya.
  2. Jika memang memungkinkan, maka anda dapat meminta untuk meningkatkan mutu. Hal ini biasanya dapat anda lakukan dengan cara menambah biaya maupun menyediakan material bangunan yang akan digunakan.
Share