• Home »
  • Property »
  • Supaya Tak Dirugikan Penyewa Properti Nakal, Ini yang Harus Anda Persiapkan
Supaya Tak Dirugikan Penyewa Properti  Nakal, Ini yang Harus Anda Persiapkan

Supaya Tak Dirugikan Penyewa Properti Nakal, Ini yang Harus Anda Persiapkan

Kalau Anda memiliki lebih dari satu properti yang tak semuanya terpakai, maka menyewakan rumah tersebut atau mengontrakkannya akan memberikan Anda keuntungan yang cukup tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kembali modal awal yang telah Anda keluarkan untuk mendapatkan rumah tersebut, dan juga sekalian membuat rumah yang tak terpakai itu tetap terawat.

Tapi sebelum Anda terburu-buru menyewakan rumah yang Anda miliki itu demi profit, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini karena tipe penyewa itu bermacam-macam. Ada yang bertanggung jawab, ada yang cuek, dan bahkan ada yang cenderung memanfaatkan Anda sebagai pemilik rumah untuk menyelesaikan semua masalah yang sebenarnya dibuat oleh pengontrak itu sendiri. Jika Anda tak hati-hati, alih-alih untung, justru Anda yang akan dirugikan.

Karena itulah, sebelum menyewakan rumah Anda, perhatikan tips berikut ini:

  1. Kenali hukum tentang sewa rumah

Pastikan Anda mempelajari dengan seksama hukum dan aturan yang berlaku sehingga Anda tak bisa ditipu oleh penyewa nakal, dan bisa mengatasi ketika Anda “dijebak”.

  1. Perjanjian sewa

Harus ada surat perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak, dimana di dalamnya berisi kesepakatan dan aturan yang disetujui keduanya. Konsultasilah dengan pengacara ketika membuat draft perjanjian.

  1. Aturan jelas

Sebagai pemilik rumah, Anda berhak memberikan aturan bagi calon penyewa dan sanksinya, seperti soal pembayaran. Tuliskan aturan dengan jelas di perjanjian.

  1. Kejelasan perawatan

Buatlah juga kesepakatan apakah perawatan rumah merupakan tanggung jawab penyewa sepenuhnya, atau Anda, atau dibagi-bagi.

  1. Background check

Seperti yang sudah disebut di atas, penyewa bisa bermacam-macam tipenya. Periksa latar belakang masing-masing calon untuk memastikan mereka tak ada masalah.

  1. Ganti kunci

Begitu penyewa berganti, segera ganti kunci rumah dengan yang baru sehingga keamanan terjaga.

Untuk menentukan berapa harga sewa yang harus dibayar oleh penyewa, itu semua tergantung dari hasil survei yang Anda lakukan. Ketahui dengan jelas berapa rata-rata harga kontrakan di kawasan Anda dengan survei atau melalui agen properti lokal. Jika Anda hendak memberikan harga yang tinggi, pastikan bahwa rumah tersebut memang sesuai dengan harganya.

Share