Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membeli Rumah Bekas

Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membeli Rumah Bekas

Rumah adalah tempat kita berlindung dari teriknya panas dan dinginnya hujan. Kebutuhan untuk memiliki sebuah rumah adalah kebutuhan utama yang wajib dimiliki setiap keluarga. Saat ini ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk memiliki sebuah rumah. Anda dapat membeli tanah dan membangun rumah sesuai dengan desain anda. Anda juga dapat membeli rumah baru secara instan di perumahan – perumahan yang saat ini sedang menjamur. Kemudian, anda juga dapat membeli rumah bekas yang pernah dtinggali orang lain sebelumnya.

Jangan Hanya Tergoda HARGA MURAH

Ketika anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah bekas, jangan hanya tergiur dengan embel – embel jual rumah murah atau desain rumah yang masih bagus. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat akan membeli sebuah rumah bekas, diantaranya:

Datangi Langsung Lokasi Rumah

Ketika akan membeli sebuah rumah, maka anda harus mendatangi langsung lokasi rumah yang akan anda beli. Memeriksa kondisi rumah adalah sesuatu yang wajib anda lakukan. Jika anda tidak percaya diri untuk memeriksa kondisi rumah sendiri, maka anda dapat mengajak seseorang yang mengerti tentang kondisi bangunan sebuah rumah.

Cek dan Ricek Lingkungan Sekitar

Kemudian, rumah yang bagus belum tentu memiliki lingkungan yang bagus. Oleh karena itu, saat anda akan membeli rumah bekas, anda harus memperhatikan lingkungan sekitar. Apakah lingkungan tersebut dapat diakses dengan mudah, apakah tersedia tempat ibadah, pasar, dan lain sebagainya. Jadi, jangan hanya tertarik pada iming – iming jual rumah murah yang akan menyulitkan anda kedepannya.

Periksa Kelengkapan Berkas, Jika Perlu Bawa Serta ke Notaris

Memeriksa kelengkapan surat atau dokumen adalah hal yang sangat penting. Pastikan jika rumah yang akan anda beli memiliki sertifikat yang asli dan kuat di mata hukum. Pastikan jika rumah tersebut tidak sedang ada dalam urusan sengketa, dan pastikan jika semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan tersedia dan asli.

Berikut video yang dapat anda jadikan pegangan saat memilih rumah bekas.

Di atas semua hal diatas, yang paling penting adalah anda merasa nyaman saat pertama kali datang ke rumah impian anda. Karena membeli rumah bukan perkara 1-2 tahun untuk ditempati, maka alangkah baiknya anda dapat benar-benar teliti dalam memilih rumah yang pas dan sreg dengan anda dan pasangan.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga anda berjodoh dengan rumah impian anda. Salam 🙂

Share